Skip to main content

Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah Dasar


UNSx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang manajemen pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah; manajemen komponen sekolah, manajemen berbasis sekolah, peran serta masyarakat, kepemimpinan dalam manajemen sekolah dasar, penerapan koordinasi, komunikasi, dan supervisi dalam manajemen sekolah dasar, Sistem Informasi Pendidikan, Kecerdasan dalam kepemimpinan sekolah dasar, Transformational leadership, Konsep dan penerapan pengambilan keputusan, Identifikasi permasalahan kepemimpinan sekolah dasar, Penerapan reward dan punishment, dan Penjaminan mutu pendidikan di sekolah dasar.

Bobot sks : 2

 

Capaian Pembelajaran

  • Mahasiswa mampu menerapkan manajemen pendidikan dan kepemimpinan pada Sekolah Dasar.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan pancasila.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang pendidikan sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah di masyarkaat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya
  • Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  • Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi.
  • Menguasai konsep pendidikan danpembelajaran di bidang pendidikan sekolah dasar untuk mengembangkan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  • Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin
  • Menerapkan prinsip dan proses pengambilan keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  • Menerapkan prinsip-prinsip dalam mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat, di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  • Mengkomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar kepada masyarakat dalam berbagai media sesuai etika akademik
  • Mampu mengambil keputusan yang humanis dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan di sekolah dasar
  • Mampu memecahkan permasalahan bidang pendidikan sekolah dasar dan pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian
  • Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan profesi

Dosen Pengampu

#dosen

Dr. Sri Marmoah, S.Pd., M.Pd.

email : [email protected]

 

Referensi :

  1. Hamzah Yaqub, (1984), Menuju Keberhasilan Manajemen dan Kepemimpinan, CV. Diponegoro, Bandung
  2. Miftah Thoha. (20080. Kepemimpinan dalam Manajemen. Yogya­karta: UGM Press
  3. Mulyasa, E. ( 2014). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi.,  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. Garner, Eric, (2012). The Art of Leadership, London: Eric Garner & Ventur Publishing ApS.
  5. Grace, Gerald. (1995). School Leadership:Beyond Education Management An Essay in Policy Scholarship. London: The Falmer Press.
  6. Jones, Douglas L, (2013). Empowering Leadership, 1st Edition, London: Bookboon.com.
  7. Keating, Charles J. (1993). Kepemimpinan: Teori dan Pengembangannya, terjemahan A. M. Mangunhardjana.  Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  8. Martin Thrupp & Robert Willmott, (2003). Education Management in Managerialist Times, Philadelpia : Open University Press.
  9. Mike Wallace & Lynda Huckman (2005). Senior Management Teams in Primary Education, London : Routledge
  10. Edward Sallis, (2002), Total Quality Management in Education, London : Kogan Page Ltd.
  1. Nomor Kursus

    MSD91206/001027573013
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Bahasa

    English
  5. Tipe Mata Kuliah

    Instructor Paced
  6. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.